Roihan Arrafli

Engineer

Developer

Freelancer

Coder

Use Case

 

USE CASE

(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK)

 

Diagram Terdiri dari 3 komponen utama, yaitu : 

1. Aktor Merupakan representasi dari pengguna sistem. Pengguna dari sebuah sistem perangkat lunak tidak harus merupakan end-user, namun bisa juga adalah operator maupun admin yang bertugas mengelola perangkat lunak tersebut. Selain itu, sistem eksternal lain juga dapat dikategorikan sebagai sebuah aktor, misalnya mobile apps dan websites yang menjadi “pengguna” dari perangkat lunak RSS Feeder. Dalam UML, Aktor dilambangkan dengan gambar “manusia”. 

 

2. Sistem Sistem (perangkat lunak) yang akan dibangun. Digambarkan sebagai sebuah entitas dengan garis pembatas (boundary), yang di dalamnya terdapat use cases, lalu para aktor dan entitas eksternal lain berada di luarnya. 

 

3. Use case Merupakan representasi dari sebuah “skenario penggunaan”. Use case dilambangkan oleh kata kerja dalam balon yang berada di dalam boundary dari sistem; menandakan bahwa skenario use case terjadi di dalam sistem. Masing-masing use case juga terhubung kepada satu atau lebih aktor; menandakan bahwa skenario use case merupakan hasil interaksi antara pengguna dan sistem. Namun, use case juga dapat terhubung hanya dengan use case lainnya; menandakan bahwa skenario use case tersebut di-trigger oleh prosesinternal pada sistem.

 

0 Comments:

Posting Komentar

Contact Me

Adress/Street

Sukoharjo, Jawa Tengah

Phone number

+(62) 878 0545 9690

Website

-