Use Case
USE CASE
(PEMODELAN PERANGKAT LUNAK)
Diagram
Terdiri dari 3 komponen utama, yaitu :
1.
Aktor Merupakan representasi dari pengguna sistem. Pengguna dari sebuah sistem
perangkat lunak tidak harus merupakan end-user, namun bisa juga adalah operator
maupun admin yang bertugas mengelola perangkat lunak tersebut. Selain itu,
sistem eksternal lain juga dapat dikategorikan sebagai sebuah aktor, misalnya
mobile apps dan websites yang menjadi “pengguna” dari perangkat lunak RSS
Feeder. Dalam UML, Aktor dilambangkan dengan gambar “manusia”.
2. Sistem Sistem (perangkat lunak) yang akan dibangun.
Digambarkan sebagai sebuah entitas dengan garis pembatas (boundary), yang di
dalamnya terdapat use cases, lalu para aktor dan entitas eksternal lain berada
di luarnya.
3. Use case Merupakan representasi dari sebuah “skenario
penggunaan”. Use case dilambangkan oleh kata kerja dalam balon yang berada di
dalam boundary dari sistem; menandakan bahwa skenario use case terjadi di dalam
sistem. Masing-masing use case juga terhubung kepada satu atau lebih aktor;
menandakan bahwa skenario use case merupakan hasil interaksi antara pengguna
dan sistem. Namun, use case juga dapat terhubung hanya dengan use case lainnya;
menandakan bahwa skenario use case tersebut di-trigger oleh prosesinternal pada
sistem.
0 Comments:
Posting Komentar